CERITA MENARIK KKN 2018 STKIP ALHIKMAH

CERITA MENARIK DI SEKOLAH SMAN 1 PURWOASRI
MEREKA BUTUH PERHATIAN
Oleh: Ahmad Izzul Haqqi


Liburan semester ganjil merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa STKIP Al-himah Surabaya. Bagaimana tidak, disetiap liburan semester ganjil mahasiswa stkip al-hikmah disebar untuk melakukan pengabdian dibeberapa tempat untuk mengisi sebagian waktu liburan semester. Jum’at, 18 Januari 2018 merupakan hari pertama saya mulai mengabdikan diri untuk mengajar disekola tempat KKN yang saya tuju. Seperti KKN sebelumnya, saya mendapatkan tugas untuk praktek mengajar selama 4 kali pertemuan disekolah yang saya tempati. Tempat praktek yang saya tempati saat ini adalah SMAN 1 Purwoasri, Kediri.
Tanggal 18 januari, tepatnya pada hari jumat merupakan hari pertama saya mengajar di SMAN 1 Purwoasri kediri tepatnya di kelas XI IPA 3. Sebelum saya mengajar banyak guru yang bilang terhadap saya kalau kelas tersebut adalah kelas terheboh karena ada 3 siswa yang selalu bikin suasana di kelas menjadi ramai. Fikir saya, itu hanya omongan orang dan jelasnya saya akan hadapi dengan sendrinya.
“Teeet, teeet, teet..” Bel masuk kelas telah berbunyi, pertanda istirahat telah usai dan waktunya untuk memasuki kelas masing-masing. Tepat pukul 10.00 saya masuk ke kelas 11 IPA 3, awal pertama saya memasuki kelas semua siswa berbisik-bisik dengan yang lain. Tak sengaja saya mendengar “sssst, siapa itu yg didepan” saya masih terdiam memperhatikan siswa siswa yang ramai didalam kelas. Dalam hati saya berkata”emmm, benar ya emang heboh ni kelas hehehe”. Tersontak setelah itu saya pun langsung berdiri dan memulai menyapa para siswa senelum memulai pelajaran. Mereka pun memerhatikan saya dengan rasa penasaran. Tak lama setelah itu saya langsung memulai untuk salam setelah memastikan semua siswa siap dan selesai merapikan meja.
Memang benar, ada beberapa siswa yang membuat kelas 11 IPA 3 heboh. Namun, saya tak mau kalah dengan itu. Saya juga ikut heboh dengan menunjukkan aksen saya yang seperti orang bule saat perkenalan yaitu dengan berbahasa inggris lalu berbahasa indonesia dengan logat bule. Kehebohan kelas tersebut mengundang saya untk tidak terdiam didepan, saya selalu berjalan mendekati siswa dan menunjuk siswa dan yang saya khususkan adalah siswa yang sering bikin heboh dikelas. Tak hanya itu, disela-sela pembelajaran saya selalu memberikan meraka cerita yang menarik dan secuil motivasi agar saya bisa dekat dengan para siswa tersebut. Karena saya mempunyai rumus yaitu dekatnya kita siswa menandakan kita sukses menarik hati siswa. Tak lama setelah itu pelajaran saya mulai dan kelas pun terkondisikan dengan rapi. Tak ada lagi yang bikin heboh dikelas, yang ada hanyalah siswa yang cepat-cepat dalam menjawab. Tak ada siswa yang malu-malu yang ada hanyalah siswa yang cepat-cepat mengangkat tangan ketika saya minta maju.

Seperti itulah kegiatan belajar-mengajar disekolah. Pasti akan ada beberapa siswa yang suka membuat perkara dalam kelas. Namun sebagai guru kita tidak boleh tinggal diaam dan juga tidak boleh memarahi mereka dengan kekerasan. Tapi cobalah untuk memperlihatkan gelora semangat kita dalam mengajar dan memberikan sedikit perhatian terhadap siswa dengan menunjuk dan mendekati mereka. Karena itu adalah satu dari sekian cara untuk merubah pribadi siswa yaitu dengan mencotohi yang baik dan mencoba untuk dekat dengan pribadi mereka.

Komentar

Postingan Populer